twitter

Karena Grammar memang bukan tujuan belajar bahasa Inggris. Itu alasan utama, loh kok begitu? Lah Anda belum bisa bahasa Inggris, pengin bisa – amati kata BISA, bukan TAHU –, artinya Anda ingin bisa .. Bisa memahami pembicaraan orang (Listening Skill)
Bisa menyampaikan pikiran, perasaan dan kebutuhan secara lisan (Speaking Skill)
Bisa memahami bacaan literature bahasa Inggris (Reading Skill)
Bisa menyampaikan pikiran, perasaan dan kebutuhan secara tertulis (Writing Skill)
Inilah yang disebut dengan 4 ketrampilan bahasa atau 4 skills of Language, dan 4 skill inilah yang merupakan tujuan orang belajar bahasa apapun. Semua adalah SKILL atau ketrampilan yang harus Anda bentuk dalam diri Anda melebur sehingga Anda mampu melakukannya secara otomatis tanpa berpikir (automatically without thinking) dan itulah ciri2 ketrampilan jika sudah dikuasai – camkan, … semuanya harus berjalan secara otomatis.
Saya pernah bertanya pada Anda, apa RUMUS naik sepeda biar tidak jatuh? RUMUS berenang biar mengapung, hehe..sekedar mengingatkan. Yang namanya skill atau ketrampilan itu tidak bicara TAHU tapi bicara BISA. Memang beda antara tahu dan bisa? memang beda antara pengetahuan dan kebisaan atau ketrampilan? ya jelas beda dong
Dalam psikologi Pengetahuan masuk dalam ranah cognitive (cognitive domain). Pelajaran yang lebih bersifat cognitive contohnya waktu di SMP kita belajar ‘Ilmu Bumi’.. atau Fisika atau mungkin Sejarah, semuanya perlu dihafal. Tetapi pelajaran Mengetik, Berenang, Pencak Silat semuanya adalah ketrampilan yang bersifat motorik atau gerak (motoric domain). Jika Anda ingin bisa berenang tidak ada cara lain kecuali nyemplung langsung ke air dan bergerak, dan bergerak ..sampai otomatis Anda lakukan tanpa berpikir. Kalau Anda ingin bisa bicara bahasa Inggris pun demikian, ga ada cara lain selain langsung bergerak ..dan bergerak, langsung bicara SEJAK DINI. Saya ingin bisa memahami koran dan majalah Bahasa Inggris, ya ayo ..langsung kita mbaca
Bahasa Inggris itu Pengetahuan (knowledge) atau Ketrampilan (Skill) sih? walah .. ya jelas2 ketrampilan, bahkan ada 4 SKILLS OF LANGUAGE, tuh ..ada 4 ketrampilan yang harus Anda bentuk agar bisa digunakan, karena bahasa pada hakikatnya hanya ALAT yang harus Anda bisa gunakan, bukan Anda ketahui.
Tetapi begitulah, banyak orang menganggap bahwa Bahasa Inggris adalah Pengetahuan. Mereka fokus peraturan ..peraturan…rumus…rumus…sampe kepala puyeng, ngebul…darah tinggi kumat, hari-hari marah sama bini tanpa sebab, ga taunya gara2 ngapalin rumus-rumus. Cape deeh, kita yang hidungnya pesek kulitnya item cape2 ngapalin rumus. Sedang yang matanya biru, hidung mancung, ga pernah makan nasi aja ga belajar GRAMMAR. Mau liat contoh nya?? Dengerin salah satu kalimat dalam lagu The Beatles
—- but she DON’T care —
Tuh, The Beatles sendiri ga bilang but she DOESN’T care. Ga ada tuh yang berani nyalahin mereka, trus suruh mereka ikut belajar rumus Tenses ‘The Simple Present Tense” ..hihi.
Udahlah, enjoy aja .. bagi Anda yang belum BISA berbahasa Inggris, cuci otak dulu ..buang jauh2 tuh MITOS bahwa untuk bisa berbahasa Inggris harus kuasai Grammar dulu, No Way !! ..nanti saya tulis lagi bagaimana Grammar itu punya aliran-aliran juga, yang mana tiap aliran beda kaidah dan peraturan. Nah lhO???? …masih mau belajar Grammar dulu?? ..

jangan takut untuk melihat isi selengkapnya

Artikel Terkait



| 0 comments | Labels:

0 comments:

Poskan Komentar