twitter

Verb (kata kerja) digunakan untuk mengungkapkan aktivitas dari sesuatu atau sekelompok nouns. Dalam kalimat, kata kerja berfungsi sebagai predikat. Kata kerja pada umumnya memerlukan objek (disebut kata kerja transitif), tetapi ada juga beberapa kata kerja yang tidak memerlukan objek (disebut kata kerja intransitif). Perhatikan contoh di bawah ini:

1. I run every morning. (Saya lari setiap pagi).
2. She always sleeps well. (Dia selalu tidur dengan nyenyak).
3. Didit always cries. (Didit selalu menangis).
4. My mother is cooking five different meals for our special guests. (Ibu saya sedang memasak 5 jenis masakan yang berbeda untuk tamu istimewa kami).
5. I study English every Saturday night. (Saya belajar English setiap Sabtu malam).
6. My father is dividing the mango fruit into five. (Ayahku sedang membagi buah mangga itu menjadi 5 bagian).

Kalimat 1 sampai 3 adalah kalimat intransitif karena tidak diikuti oleh object kalimat, sedangkan kalimat 4 sampai 6 adalah kalimat transitif karena diikuti oleh object kalimat (yaitu: five different meals, English, dan mango fruit)
Sebagai predikat, kecuali pada simple present tense dan simple past tense, tensis lainnya menggunakan verbs yang ditambahi auxiliary. Inilah yang disebut dengan verb phrase. Untuk itu, hafalkan pola-pola tensis dalam kaitannya dengan penggunaan verbs.

Contoh:
1. They usually play cards on Saturday night. (Mereka biasanya main kartu pada malam Minggu)
2. We don’t smoke. (Kami tidak merokok).
3. My sister cleaned the house yesterday. (Adikku membersihkan rumah kemarin).
4. Our teacher discussed the use of the Past Perfect Continuous Tense last week. (Guru kita mendiskusikan penggunaan past perfect continuous tense minggu lalu)

Dari keempat contoh diatas, hanya digunakan single verb: verb1 (contoh 1-2) dan verb2 (contoh 3-4).

Sekarang mari kita bandingkan dengan penggunaan verb phrase pada contoh kalimat berikut:

1. Andi, Anto, Anjas, and I are doing homework now. (Perhatikan, to be are, bukan am yang digunakan dalam kalimat seperti ini karena digunakannya conjunction and pada Andi, Anto, Anjas, and I, membuat subject menjadi plural, dan dapat digantikan dengan subject pronoun they ). Bedakan dengan kalimat berikut:
2. Either Andi, Anto, Anjas, or I am doing homework now. Lihat bedanya?
3. Mr. Dodo has gone to his office.
4. We will defeat him soon.
5. Before he went to Bali, John had bought a luggage full of clothes.
6. He could’ve passed the exam if he had studied well.

Note:

1. Penggunakan verb dalam kalimat (kapan kita gunakan verb1, verb2, verb3, (verb1+ing), ect) selalu berdasarkan tensis (waktu dan proses berlangsungnya kejadian atau aktivitas yang dilakukan oleh subject kalimat).
2. Antara subject dengan verb harus selalu in agreement (subject-verb agreement).
3. Verb sangat banyak jumlahnya. Dengan sering membaca tulisan berbahasa Inggris, mencatat setiap verb baru, dan membuat kalimat dengan menggunakan verb baru tersebut, maka vocab anda akan cepat bertambah dan tidak akan mudah dilupa. Ingat: Practice makes perfect!

Artikel Terkait



| 0 comments | Labels: ,

0 comments:

Poskan Komentar